HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
FOKUS

Peringatan HUT RI di Berbagai Daerah



Berita HOT:

indosiar.com, Jakarta - Peringatan HUT RI ke 59 diberbagai daerah berlangsung semarak. Masing-masing daerah mengadakan acara semeriah mungkin dan lengkap dengan berbagai perlombaan.

Untuk memeriahkan hari Kemerdekaan, sekelompok anak-anak di pinggiran Sungai Musi, Tangga Buntung, Palembang, menggelar sepak bola ria. Dalam pertandingan sepak bola ini, para peserta diharuskan menggunakan make up lengkap serta busana wanita.

Sementara sekelompok warga dikawasan Masjid Agung dan Simpang Kotda, KM 3 Palembang, menggelar lomba panjat pinang yang dibawahnya sudah disiapkan sebuah kolam lumpur. Mereka yang terpeleset jatuh akan langsung tercebur kedalam kolam lumpur ini.

Perayaan kegiatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI di kota Medan dipusatkan di Lapangan Merdeka. Selain pelaksanaan detik-detik proklamasi, Hari Ulang Tahun Kemerdekaan juga dimeriahkan dengan pawai mobil hias yang rutin dilakukan setiap tahun.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dimeriahkan dengan lomba dayung di Sungai Marta Pura yang diikuti ratusan peserta dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan.

Peserta lomba diharuskan menempuh jarak 500 meter, dimana setiap perahu diisi oleh 10 pendayung. Lomba yang merupakan salah satu tradisi masyarakat Banjar ini, hanya digelar pada hari-hari besar tertentu termasuk peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain memperebutkan piala bergilir dari Gubernur Kalimantan Selatan, bagi pemenang lomba juga disediakan uang tunai. Selain lomba dayung, dibeberapa kampung juga digelar berbagai lomba, seperti lomba panjat pinang, lomba mengisi air dalam botol, lomba makan krupuk, lomba klereng, pencak silat serta pertandingan sepak bola dengan menggunakan busana wanita.

Perayaan hari Kemerdekaan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, diwarnai unjuk rasa oleh sekitar 100 mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Untuk Demokrasi atau Kamrat. Mereka berunjuk rasa dengan mengibarkan bendera setengah tiang untuk melambangkan bahwa aspirasi di Indonesia masih belum merdeka. Para pengunjuk rasa sebetulnya ingin menuju kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat, namun dihadang satu regu polisi.

Sementara upacara 17 Agustus di Mataram dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat berlangsung hikmad.

Di Bali juga digelar berbagai lomba untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Lomba Agustusan di Pantai Kuta Bali, kali ini terasa berbeda karena para pesertanya juga banyak dari wisatawan asing. Mereka berbaur dengan para peserta lomba lainnya yang kebanyakan warga sekitar, terutama anak pantai. (Tim Liputan/Sup)

Bookmark and Share