Berita

Konser Final Top 10 LIDA Grup 1, Improvisasi Duta Jadi Perhatian Dewan Dangdut

Makin seru. Begitulah kisah sinetron Orang Ketiga.

Bagaimana kondisi rumah tangga Aris-Afifah? Dan, nasib Yuni sendiri bagaimana setelah dirinya dilecehkan oleh Putra?

Sinetron Orang Ketiga mengaduk-aduk emosi pemirsa. 

Dan, jangan lewatkan episode Orang Ketiga malam ini via live streaming di sini.

 Liga Dangdut Indonesia atau disingkat LIDA akhirnya memulai pertarungan babak 10 besar, Kamis (12/4/2018). Sebelumnya, sepuluh juara provinsi yang lolos sebagai Top 10 telah dibagi ke dalam dua grup baru, dengan masing-masing grup berisi lima duta dangdut. Grup 1 pun tampil perdana di Konser Final Top 10 LIDA tadi malam.

Konser di babak ini sendiri masih akan berlangsung dalam dua kali. Malam pertama adalah konser show dan esoknya baru dilakukan result show. Mekanisme penentuan duta dangdut yang harus tersisih di babak ini juga masih sama seperti sebelumnya, sepenuhnya murni keputusan dewan dangdut.

Namun kali ini, akan ada dua orang penerima SMS teratas yang bisa lolos otomatis ke babak selanjutnya. Peraih SMS tertinggi di malam pertama kembali akan mendapat hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah. Sementara satu dari tiga lainnya yang masuk bottom three akan dipilih langsung oleh dewan dangdut untuk dieliminasi di result show.

Lantas, bagaimana jalannya konser show Final Top 10 LIDA Grup 1 tadi malam? Siapakah yang tampil bersinar dan siapa pula yang menjadi peraih SMS tertinggi dan terendah? Berikut ulasannya.

Randa Menawan

Randa membuka persaingan Grup 1 dengan membawakan lagu berjudul "Baca". Juara provinsi Bengkulu ini tampil cukup menawan. Terbukti dengan tiga standing ovation yang didapat dari Zaskia Gotik, Inul Daratista, dan Rosalina Musa. Inul diantaranya memuji Randa lantaran tampil sederhana tanpa improvisasi berlebihan.

Masalah improvisasi memang jadi perhatian dewan dangdut untuk para duta dangdut di Grup 1. Pasalnya, grup ini dihuni para juara provinsi yang sebelumnya selalu menyajikan aksi panggung berbeda di tiap penampilan mereka. Kebanyakan dari mereka selalu tampil dengan merubah aransemen lagu.

Yendri Gagal Bersinar

Kritikan soal improvisasi ini pun lantas didapat Yendri yang di babak-babak sebelumnya selalu tampil bagus. Semalam, Yendri yang menyanyikan lagu "Bujangan" milik Rhoma Irama, gagal bersinar. Nassar menyebut penampilan Yendri kali ini kurang greget, walau ia juga mengaku aksi Yendri tetap asyik dilihat.

Di luar teknik vokalnya yang sudah matang, penampilan juara provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu semalam dianggap kurang feel dan kurang bernyawa. Kritikan serupa juga didapat Ayudia yang menyanyikan lagu Kehilangan, masih ciptaan Rhoma Irama. Juara provinsi Jambi ini juga dinilai tampil kurang lepas.

Rara dan Nabila Banjir SMS

Sementara itu, dua duta dangdut lainnya tampil memukau dan berhasil memimpin polling SMS sementara. Rara (Sumatera Selatan) dengan lagu "Mirasantika" mendapat empat standing ovation dewan dangdut, kecuali dari Soimah dan Nassar. Sedang Nabila lewat lagu "Anak Yang Malang" hanya tak mendapat standing ovation dari Nassar saja.

Rara dan Nabila sendiri akhirnya menjadi peraih SMS tertinggi di Grup 1 dengan masing-masing berjumlah 31,88% dan 24,8%. Seperti dijanjikan, Rara lalu berhak mendapat hadiah uang tunai lima juta rupiah. Masuk di tiga terbawah berturut-turut adalah Randa dengan 20,35%, Yendri (12,77%), dan Ayudia (10,2%).

Hasil ini masih bersifat sementara karena akan diakumulasikan dengan hasil di result show yang akan digelar Jumat (13/4/2018) nanti malam mulai pukul 18.00 WIB di Indosiar. Pastikan juara provinsi favorit anda tidak tereliminasi dengan mengirim SMS dukungan. Caranya, ketik LIDA (spasi) Nama Duta lalu kirim ke 97288. Dukungan juga bisa diberikan lewat voting di aplikasi Bukalapak.