HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
RAGAM

Apa Itu Hernia



Apa Itu Hernia

Berita HOT:

Sejak lahir Muhammad Vicky Sibarani (4 tahun), putra ketiga pasangan Wilson Sibarani dan Lestari Rahayu, menderita hernia. Orang tua Vicky, tidak tahu mengapa anaknya ini lahir dengan kondisi yang memilukan hati. Berbagai upaya, sudah dilakukan Ayu, ibunya dan Wilson, sang ayah. Dari mulai pengobatan medis, hingga memilih jalan pengobatan alternatif. Tapi semuanya belum mendapatkan hasil. ***

Hernia, atau yang lebih dikenal dengan turun berok, adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak. Kebanyakan penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.

Berasal dari bahasa Latin, herniae, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.

Hernia yang terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan karena faktor usia yang menyebabkan lemahnya otot dinding perut.

Berdasarkan terjadinya, hernia dibagi atas :

- hernia bawaan (kongenital)
- hernia yang didapat (akuisita)

Berdasarkan letaknya, hernia dibagi menjadi
- hernia diafragma yaitu menonjolnya organ perut kedalam rongga dada melalui lubang pada diafragma (sekat yang membatasi rongga dada dan rongga perut).
- inguinal
- umbilical yaitu benjolan yang masuk melalui cincin umbilikus (pusar)
- femoral yaitu benjolan di lipat paha melalui anulus femoralis.

Sedangkan menurut sifatnya, ada hernia
- reponibel ; bila isi hernia dapat keluar masuk.
- hernia irreponibel ; bila isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga
- hernia akreta ; jjika tidak ada keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus akibat perlekatan tersebut

Meski masyarakat mengenal apa itu hernia, namun gejalanya seringkali tidak disadari. Jika merasa ada benjolan di lipatan paha pada saat berdiri, batuk, bersin atau mengangkat barang-barang berat, maka itulah hernia. Karena itu, waspadailah perasaan seperti itu.

Pengobatan

Untuk mengobati hernia, tidak harus dengan operasi. Operasi dilakukan jika lubang semakin membesar dan diperlukan tindakan untuk menutup lubang. Jika tidak dioperasi, lubang bertambah besar.
Jika hernia masih dapat dimasukkan kembali, yang dibutuhkan hanya menggunakan penyangga atau korset untuk mempertahankan isi hernia. Itu pun jika hernia telah direposisi.(berbagai sumber/Ijs)

Bookmark and Share