HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
RAGAM

Dunia Cutting Stiker



Dunia Cutting Stiker

Berita HOT:

Bosan dengan penampilan yang itu-itu saja...Ngak bisa jadi trendsetter diantara kalangan anak motor. Ingin merubah penampilan motor... Usulan iseng pelajar salah satu sekolah menengah atas di bilangan Jakarta Selatan itu, langsung disambut semangat 7 rekannya. Tanpa pikir panjang, para pelajar pemilik motor bebek keluaran tahun 2006-an itu langsung tancap gas...Kemana?

Dengan kondisi uang jajan sekolah pas-pas-an, ngak mungkin ke dealer ganti motor, lagi pula motor juga masih tergolong keluaran baru dari pabrikan. Dengan kantong cekak, cara yang pantas buat ganti penampilan motor, hanya menambah asesoris atau merubah penampilan.

Tengok saja sejumlah sepeda motor yang berseliweran di jalan-jalan dengan berbagai aksesoris dan warna stiker. Walau motor tua sekalipun, dengan sedikit penambahan dan perubahan di sana-sini, motor menjadi menarik.

"Tergantung dari kreasi pemilik atau dari kami yang menawarkan asesoris apa yang diinginkan," kata Asep, penjual asesoris motor dan cutting stiker di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Penambahan asesoris atau stiker pada motor bukan trend baru, tapi peminatnya juga tidak pernah sepi. Seiring dengan itu, para penjual asesoris dan cutting stiker motor juga semakin bertambah.

Asep salah satunya. Setiap hari, 4 - 6 motor datang untuk minta dirubah penampilan bodinya. Tidak banyak memang, namun permintaan design yang bermacam-macam justru membuatnya harus menguras tenaga dan pikirannya. Maklum, tanpa pegawai, Asep harus menata dan melayani pelanggan yang cukup banyak berkunjung.

Sebetulnya tidak beda dengan pe-cutting stiker motor kebanyakan, yang menonjol dari Asep, karena variasi dan design yang dibuat banyak diminati oleh pelanggannya. "Bukan sekedar memberi motif pada bodi motor. Tapi bagaimana designnya mengikuti dari karakter dari pemakai," ungkapnya sambil mendetilkan jurus-jurusnya.

Sebelum terjun di cutting stiker motor, Asep pernah 'mencicipi' pekerjaan cutting stiker di percetakan. Dimana proses pembuatan salah satu logo stiker lebih rumit dan ketepatan memkompilasi warna dan bahan.

Proses kerja cutting stiker, yang harus dilakukan pertama adalah tentukan gambar yang akan Anda potong. Gambar bisa diperoleh dengan cara scanning ataupun di gambar dengan komputer. Katakanlah Anda ingin membuat sebuah stiker tanda 'EXIT', program yang dimakai bisa CorelDraw atau Casmate atau program DR Stika yang datang bersama hardware Anda.

Setelah itu tambahlah bingkai di sekitar tulisan agar lebih bagus. Katakanlah Anda memilih bingkai yang sederhana berupa kotak garis.

Proses berikutnya, dari gambar yang telah dibuat, tentukan outline yang nantinya akan dipotong. Jadi dari Gambar 'Exit' tersebut akan terlihat out line seperti gambar disamping ini. Setelah selesai gambar, kirimkan gambar untuk dipotong dengan perintah 'Print' seperti halnya anda mencetak dengan sebuah printer

Gambar yang telah selesai dipotong, kemudian dibuang bagian yang tidak perlu dengan tangan atau pinset seperti terlihat dalam gambar. Pekerjaan membuang bagian yang tidak perlu ini kadang juga bisa menghabiskan waktu, sehingga Anda harus memperhitungkan ini. Semakin rumit gambarnya, seharusnya dicharge lebih mahal karena waktu yang terpakai.

Gambar yang sudah selesai dibuang bagiannya kemudian akan terlihat seperti gambar yang kita inginkan. Kemudian untuk pemudahan mengangkat seluruh bagian sekaligus untuk ditempelkan, Anda perlu menempelkan satu sticker transparant (Masking Tape) yang berfungsi hanya untuk mengangkat sticker tapi sangat mudah lepas. Sampai step ini, gambar yang Anda potong sudah bisa dijual.

Untuk menempel, bila stiker sangat besar bisa menggunakan air sabun sebagai dasar terlebih dahulu, sehingga Anda masih bisa menyetel pada posisi yang anda inginkan. Bila tidak, Anda cukup menempel pada bidang yang Anda inginkan

Setelah tertempel dengan baik, buang Masking tape dengan menariknya secara perlahan. Stiker gambar akan tetap tertempel dengan Baik. Untuk melepaskan stiker yang sudah lama, sangatlah sulit, tapi untuk memudahkan bisa menggunakan hair dryer untuk dipanaskan dan dibuang. "Tapi kalau untuk motor, dijamin tidak akan serumit dan tidak selama itu prosesnya. Cukup stiker dan cutter dah jadi kok," celotehnya sambil lanjut menempel-nempel stiker disignnya.(Her/Idh)

Bookmark and Share