HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
RAGAM

Kelinci, Lucu dan Menggemaskan



Kelinci, Lucu dan Menggemaskan

Baca Juga:


Tags:

hewan

Berita HOT:

Reporter: Yadi Supyandi
Juru Kamera: Damar Galih
Lokasi: Bogor, Jawa Barat
Tayang : Rabu, 06 Juni 2007, Pukul 12:30 WIB

indosiar.com, Bogor - Siapa tak kenal hewan satu ini. Kelinci. Hewan mungil dan lucu. Dia disukai mulai dari anak- anak hingga orang dewasa. Para hobis juga banyak yang mengoleksinya.

Kelinci saat ini banyak di gemari, dan dijadikan hewan peliharaan. Bahkan kerap di jadikan hadiah untuk keluarga dan sahabat dekat. Ini adalah kelinci jenis anggora. Bulunya lebat dan sangat manja. Jika dirawat dengan baik, bulunya akan tampak lebih indah.

Sedangkan ini adalah kelinci jenis rex satin. Bulunya pendek dan tubuhnya berukuran mini. Bulunya berwarna-warni. Beragam jenis kelinci banyak tersedia di toko hewan peliharaan atau pet shop dan peternak kelinci.

Ada jenis lainnya lagi, seperti kelinci dutch, dwarf, lyon dan polish. Bahkan ada kelinci jenis lop, yang kupingnya turun ke bawah. Perawatan kelinci mudah dan murah. Sehari diberi makan dua kali, pagi dan menjelang malam. Makanannya sayuran segar, ataupun pelet khusus makanan kelinci.

Kelinci juga memerlukan air untuk minum. Dalam sehari, kelinci minimal minum air setengah liter. Semakin besar badannya, semakin banyak pula kelinci meminum air.

Untuk menjaga kesehatannya. Mulut dan kuku kelinci harus rajin diperiksa. Jika kukunya terlalu panjang, harus dipotong.

Agar kelinci tampak lebih cantik, bulunya harus sering dirapikan dengan sisir.Selain itu, setiap satu minggu sekali dimandikan. Kelinci juga dapat diberi aksesoris berupa pita, atau diberi baju.

Di sejumlah pet shop harga kelinci bervariasi, mulai dari seratus ribu hingga lima ratus ribu rupiah per ekor. Harganya jauh lebih murah jika membeli langsung dari peternak kelinci.

Gusti Merdeka merupakan salah seorang peternak kelinci. Di rumahnya di Bogor, Jawa Barat, dia memelihara lebih dari 10 jenis kelinci. Diantaranya jenis anggora, loof dan rek.

Untuk pemasarannnya gusti kerap menyelenggarakan kontes kelinci di sejumlah mal dan pusat perbelanjaan. Selain itu, dia juga memasarkan kelinci koleksinya melalui internet.

Sinto Syam merupakan pemilik istana rabbit. Di lokasi peternakan kelincinya di kawasan Ciomas, Bogor Jawa Barat, dia memelihara lebih dari 15 jenis kelinci.

Koleksi terbaiknya, kelinci jenis anggora, san fuzzy loff. Kelinci jenis ini kini sangat digemari para hobis kelinci.

Kelinci dapat dijadikan alternatif hewan peliharaan di rumah. Karena bebas penyakit, serta perawatannya mudah dan murah. Selain itu, memelihara kelinci juga dapat menghilangkan stress. Karena bentuknya yang cantik dan menggemaskan. (Helmi Azahari/Sup)

Bookmark and Share