HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
RAGAM

Makanan Berbuka Murah Meriah



Makanan Berbuka Murah Meriah

Tags:

menu puasa

Berita HOT:

Reporter : Yadi Supyandi
Juru Kamera : Damar Galih
Penyunting Gambar : Bagus Andriansari
Lokasi : Jakarta
Tayang : 19 September 2007 Pukul 12.30 WIB

Bulan ramadhan bulan penuh berkah. Menjelang berbuka, pusat jajanan makan untuk berbuka bertebaran dimana-mana. Salah satunya di kawasan Kramat Raya, Jakarta Pusat, tepatnya dibawah jembatan layang Pasar Senen.

Berbagai makanan khas untuk berbuka puasa tersedia di sini, harganya murah meriah. Mulai dari kolak pisang, dan berbagai jajanan pasar, seperti tape bugis, ketupat ketan, onde onde, pacar Cina, biji salak, dan putu mayang.

Kebanyakan pembeli yang datang membeli lemang, panganan khas dari Sumatera Barat yang terbuat dari ketan. Lemang disajikan saat masih hangat, bisa disantap bersama tape ketan atau rendang daging.

Salah satu makanan favorit di pusat jajanan buka puasa di kawasan Kramat Raya ini adalah bubur kampium. Bubur kampiun ini merupakan makanan khas asal Padang. Rasanya manis, cocok untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa.

Harganya bervariasi dari mulai lima ribu hingga delapan ribu rupiah per bungkusnya. Pusat jajanan khusus berbuka puasa juga terdapat di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Menjelang sore, kawasan ini penuh sesak pembeli.

Kawasan Bendungan Hilir ini telah lama dikenal sebagai tempat berjualan berbagai macam makanan selama bulan ramadhan. Pedagangnya berjajar mulai dari Jalan Sudirman hingga ke arah Pejompongan.

Walaupun para pedagang ini telah diatur berjualan di depan pasar, namun mereka menjajakan barang dagangannya hingga keluar dari lokasi yang telah disediakan. Hingga suasananya seperti pasar kaget.

Umumnya para pembeli jajanan disini orang kantoran sekitar Jalan Sudirman. Mereka melepas penat dan berburu makanan sambil menunggu saat berbuka puasa.

Jajanan pasar mulai dari kue lapis, pastel, lemper, ongol-ongol, wajik, dan kolak tersedia disini. Bahkan, beberapa kios terlihat menyediakan menu sate Padang, nasi kebuli dengan gulai kambing. Tidak ketinggalan makanan khas Betawi, seperti nasi uduk dan semur jengkolnya, berikut asinan Betawi.

Bagi yang suka es buah dan rujak, juga dengan mudah dapat ditemukan disini. Minuman segar yang tersedia mulai dari es rumput laut, koktail, es kopyor, hingga es campur. Berbagai minuman segar ini dijual antara empat ribu hingga lima ribu rupiah per kantongnya.

Aneka masakan berbuka puasa yang dijual di kawasan Bendungan Hilir bereaneka ragam mulai dari makanan Padang, lumpia Semarang, mendoan Purwokerto, gudeg Yogya dan soto Betawi.

Bagi para pembeli yang datang kesini sebaiknya datang jauh sebelum meghrib. Karena bila terlalu dekat waktu berbuka, bisa kehabisan. Selain itu, akan terjebak kemacetan yang parah, karena ramainya pengunjung yang datang.(Helmi Azahari/Ijs)

Bookmark and Share