HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
RAGAM

Mancing Asyik Untuk Keluarga



Tim Peliput : Farma Dinata - Waluyo Adi Susanto
Narator  : Arni Gusmiarni
Editor  : Bagus Andriansari
Tayang : Rabu, 22 Oktober 2008 Pukul 12.30 WIB

indosiar.com, Jakarta - Memancing yang seringkali dianggap sebagai latihan bagi kesabaran buat sebagian orang tampaknya jadi bikin kecanduan. Seperti tempat pemancingan dikawasan Cakung, Jakarta Timur ini yang tidak pernah sepi dari para pemancing. Padahal dulunya tempat ini adalah sebuah lahan kosong dengan peruntukan jalur hijau.

Sejak tahun 1997 disulap jadi kawasan resapan air yang belakangan malah jadi tempat wisata memancing. Yang namanya waktu bisa dibilang seperti berhenti kalau ditempat mancing kayak gini. Menit demi menit dan jam demi jam bisa berlalu tanpa berasa, terbuai oleh suasana pemancingan. Lihat aja tuh pada asyik masing - masing khan ?

Kalau bicara soal alasan orang yang datang memancing rupa - rupa motivasinya. Seperti
Eko Pudarto, pria paruh baya ini mengaku dari bujangan dulu memang hobby memancing. Dulu ia gemar ke laut untuk mendapatkan ikan, tapi kini karena alasan ekonomi ditambah fisiknya yang sudah tidak memungkinkan, ia memilih memancing ditempat wisata kayak begini.

Memancing juga bisa menjadi sarana wisata keluarga lho, kalau pun ada anggota keluarga yang tidak suka, bisa jadi setelah diajak mancing malah jadi hobby. Seperti Ibu Henny tadinya kesini cuma mau nemani sang suami Pak Odih dan anak - anak mereka yang hobby memancing.

Bayangin aja seminggu bisa 3 kali keluarganya mancing. Daripada ditinggal sendiri dirumah ia pun ikut dan lalu terbujuk untuk turut mengail ikan akhirnya jadi malah ketagihan. Saking seringnya pergi memancing ikan hasil pancingan keluarga Pak Odih sering dibagikan para tetangga.

Tempat pemancingan dikawasan Cakung, Jakarta Timur ini menyediakan beragam jenis ikan air tawar. Mulai dari kakap, mas, nila sampai patin. Kata yang punya tempat pemancingan butuh 3 ton ikan dalam sebulan dengan omzet sekitar 50 juta rupiah untuk memenuhi kebutuhan memancing ditempat ini.

Sebagian besar ikan didatangkan dari daerah Bogor dan waduk Jatiluhur, Jawa Barat. Jawa Per kilo ikan apapun jenisnya dihargai 25 ribu rupiah per kilo. Pantesan banyak yang betah sampai begadang - begadang lho mancing disini, soalnya murah meriah.

Wuah.. asyik juga ya ikan hasil tangkapan ! Bisa minta sekalian dipanggang sama yang punya tempat pemancingan dan bisa langsung disantap. Ongkos bakarnya 10 ribu rupiah per ekor dan dijamin deh makan ikan hasil tangkapan bareng keluarga kayak begini pastinya jadi acara rekreasi yang menyenangkan. (Dv/Ijs)

Bookmark and Share