HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
RAGAM

Mereka Penggila Bus



Tim Peliput : Iwan Munandar - Kiki Suhardiman
Joni Suryadi - Hengki Wiramada
Narator : Farma Dinata
Editor : Bagus Adriansari
Tayang : Rabu, 04 Juni 2008, Pukul 12.30 WIB

indosiar.com, Jakarta - Hobby dengan sepeda itu sudah biasa, kalau hobby dengan kereta api juga sudah tidak aneh ya. Tapi kalau hobby sama bus antar kota pernah dengar tidak? Makanya sangking sukanya sampai dengar suaranya aja tuh sudah tahu jenis mobilnya. Unik banget khan ? kita kenalan yuk sama komunitas yang satu ini.

Beginilah suasana disebuah terminal bus antar kota di Jakarta. Bos - bos dari berbagai perusahaan otobus itu menumpuk menanti penumpang. Enggak ada yang luar biasa kan ? Tapi tahu kan bagi sekelompok orang kendaraan besar itu punya daya tarik tersendiri.

Orang-orang ini adalah bagian dari komunitas pecinta bus yang tergabung dalam Masyarakat Bus Indonesia. Sepintas aneh banget ya gayanya. Ngapain motret bus yang lewat. Tapi ya begitulah komunitas ini kalau ngumpul. Sebagaimana komunitas hobi lainnya seperti pengemar kereta api atau sepeda, para pecinta bus ini bisa dibilang tergila-gila dengan kendaraan berpenumpang banyak itu.

Terbentuknya komunitas penggila bus ini berawal dari dunia maya, saat sebuah tulisan tentang bus antar kota mendapat respon luar biasa.

Tidak disangka, ternyata banyak juga yang cinta mati sama bus, sehingga sekitar 2 tahun lalu berbentuklah komunitasnya. Antara lain Masyarakat Bus Indonesia yang anggotanya mencapai sekitar 300 orang tersebar di Pulau Jawa.

Walau latar belakangnya beragam mulai dari pengusaha, konsultan keuangan, sampai mahasiswa, tapi umumnya kebanyakan anggota komunitas ini memang sering pergi keluar kota naik bus sehingga lama-lama tertarik memperhatikan aneka bentuk kendaraan tersebut.

Aktivitas komunitas ini selain berburu foto aneka bus dan jalan bareng menikmati perjalanan naik bus, juga sering diskusi seputar mobil besar itu beserta perangkatnya sampai ke onderdil yang paling detail. Makanya tidak heran mereka mampu mengidentifikasi jenis bus dalam sekejap.

Tapi ketertarikan mereka umumnya difokuskan pada bus antar kota, bukan yang dalam kota. Soalnya kenyamanan menikmati perjalanan adalah kunci bagus tidaknya sebuah bus dan operatornya. Sementara perjalanan bus dalam kota seperti Jakarta misalnya, walau relatif makan waktu tapi itu bukan karena jaraknya yang jauh, namun lebih karena macet.

Komunitas ini juga bercita-cita menjadi jembatan antar operator bus dengan penumpang sehingga bisa tercipta kondisi angkutan yang ideal.

Meski awalnya banyak pengelola perusahaan bus memandang sebelah mata pada keberadaan Masyarakat Bus Indonesia ini tapi lambat laun keberadaan komunitas tersebut diakui positif bagi operator bus. Karena tidak jarang kritikan dari para pecinta bus itu justru jadi masukan berharga.

Ya kira-kira kaya gini lah suasana jika komunitas ini pergi bareng-bareng. Kendati jarak yang ditempuh cukup jauh, mereka tetap asyik untuk membicarakan berbagai hal atas bus-bus yang ditemui sepanjang perjalanan.

Kenikmatan naik bus bagi komunitas ini bukan hanya tergantung pada kondisi mesin dan tampilan, tapi juga mencakup interior, pelayanan sampai aksi sopirnya. Percakapan antar penumpang pun jadi kenikmatan tersendiri.

Bagi sebagian orang mungkin agak sulit untuk paham kenikmatan seperti apa yang didapat ketika naik kendaraan berkekuatan 7000 CC. Namun begitulah kita manusia, kadang tidak bisa diduga. Yang jelas semoga tujuan komunitas penggila bus ini untuk menjadikan kendaraan tercinta mereka sebagai alat transportasi massal yang ideal bisa terwujud. (Sup/Dv).

 

Bookmark and Share