HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
RAGAM

Sepeda Downhill, Sahabat Gravitasi



indosiar.com, Cilegon - Jangan aneh ya kalo di jalan melihat rombongan pengendara sepeda plus sepedanya malah naik mobil. Itu bukan karena mereka malas lo, tapi karena mereka ini mau bersepeda menjajal medan dengan turunan yang curam atau populer disebut downhill.

Supaya bisa bertahan kokoh menuruni jalanan curam, sepeda gunung yang dipakai pun khusus. Umumnya lebih berat dari sepeda lain dengan rem cakram yang tangguh dan juga tidak bisa dipakai untuk jalan nanjak. Mangkanya untuk menuju puncak bukit (gunung) si sepeda harus diangkut pakai mobil.

Kali ini para penggemar sepeda downhill yang tergabung dalam sebuah komunitas itu bakal mencoba lintasan sepanjang 2,2 kilometer dikawasan Gunung Pinang Cilegon, Banten. Jalur yang dipilih sebagian besar berupa turunan yang variasi kemiringannya bisa sampai sudut 50 derajat. Waow... yang kayak gini nih bikin mereka ngiler !

Nah.. karena resiko yang dihadapi dalam downhill ini cukup bahaya, para pengendaranya wajib pakai helm dan berbagai alat pelindung tubuh. Supaya mulus melewati berbagai rintangan sang pengendara harus menguasai berbagai tehnik yang mengkombinasikan kekuatan otot kaki, tubuh maupun ketepatan perhitungan saat mengangkat atau membelokkan sepeda, kalau tidak bisa - bisa celaka.

Walau beresiko tinggi penggila sepeda downhill di Indonesia nyatanya makin lama makin banyak. Penggemarnya juga tidak terbatas orang dewasa, tapi mencakup anak - anak, seperti Ario yang umurnya masih 13 tahun.

Oke banget deh Ario. Pastinya bukan sok jago kalau anak seusia Ario ikutan mountain bike downhill. Berkat sering latihan Ario pun mulai bisa menguasai sejumlah trik meluncur. Dalam downhill punya keterampilan bersepeda yang tinggi memang penting, tapi juga kita harus bisa mengukur kemampuan diri dan punya nyali. Soalnya yang namanya jatuh sudah resiko.

Resiko cedera dianggap oleh penggemar downhill sebagai konsekuensi dari hobby gila mereka. Seperti Ferry yang pernah cedera berat hingga harus istirahat 6 bulan untuk pemulihan tubuhnya. Tapi berhubung yang dicari memang ketegangan yang memacu adrenalin tidak ada kata kapok.

Menghadapi turunan yang terjal tentu saja butuh sepeda yang tangguh dan harus tahan banting. Makanya harga 1 unit sepeda ini lumayan mahal berkisar antara 20 juta rupiah hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Kepuasan menaklukan medan di Gunung Pinang Cilegon ini bisa dibilang cuma sementara. Tarik napas dulu, otak - atik sepeda dulu supaya siap dipakai lagi untuk menjajal lintasan selanjutnya. (Dv/Sup).

 

Bookmark and Share