HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
RAGAM

Wisata Kebun Durian



Reporter: Yadi Supyandi
Juru Kamera: Warsam Aji
Lokasi: Bogor, Jawa Barat
Tayang : Rabu, 31 Januari 2007, Pukul 12.00 WIB

indosiar.com - Buah durian memang enak. Apalagi bila baru dipetik dari pohonnya. Wuah pasti lebih nikmat. Buahnya terasa lebih segar. Makan durian seperti ini dapat dilakukan di kebun durian milik Suwarso di Caringin, Bogor, Jawa Barat.

Desa Cihideung, terletak di Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat. Di sini pemandangan Gunung Salak terlihat indah. Di desa inilah terdapat kebun durian milik Suwarso. Lokasinya sekitar 12 kilometer dari Jalan Raya Bogor, Sukabumi.

Kebun durian ini seluas 17 hektar. Kebetulan saat ini, sedang musim durian berbuah. Pemandangan buah durian menggantung di pohon terlihat dimana-mana.

Pohon durian ini merupakan varietas unggulan, karena itu, buahnya besar dan segar. Disini terdapat sekitar 1.500 pohon durian. Setiap pohon di beri label, jenis varietas dan tahun penanamannya. Selain durian varietas lokal, di tempat ini juga terdapat durian montong.

Varietas lokal yang di tanam diantaranya durian petruk, lay, dan simas. Sedangkan durian montong, bibitnya didatangkan dari Thailand. Di tempat ini juga terdapat kolam ikan mas dan ikan koi yang beraneka warna. Seorang pengunjung bernama Indra menyatakan dirinya senang datang ke tempat ini.

Suwarso Pawaka, pemilik kebun durian ini, merupakan pensiunan Perwira Menengah TNI. Dia tergerak berkebun durian karena ingin melestarikan durian varietas lokal.

Usahanya dimulai enam belas tahun silam. Suwarso yang akrab dipanggil Pak Warso ini mengoleksi berbagai varietas durian dari berbagi daerah di Indonesia. Dari Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Hasilnya kini berbagai koleksi pohon durian unggulan varietas lokal, tumbuh subur disini. Berdampingan dengan pohon durian montong yang didatangkan dari Thailand.

Di tempat ini juga dilakukan pembibitan durian. Teknik budidaya durian dilakukan dengan cara okulasi. Keunggulannya, selain cepat berbuah, rasanya lebih enak dan buahnya banyak.

Pohon durian berbuah setelah ditanam antara lima hingga enam tahun. Syaratnya harus rajin diberi pupuk dan disiram. Pemupukan biasanya dilakukan setiap 4 bulan sekali. Selain itu, yang penting diperhatikan adalah pencegahan dari serangan hama.

Pohon durian tumbuh subur di tanah yang memiliki ketinggian hingga tujuh ratus meter diatas permukaan laut. Budi daya pohon durian merupakan usaha yang menguntungkan. Apalagi durian montong, panennya tidak mengenal musim. Dari satu pohon durian montong setiap bulannya dapat menghasilkan minimal lima puluh buah durian.

Sedangkan durian lokal berbuah antara bulan Nopember dan Desember. Harga setiap kilogram buah durian di tempat ini sekitar tiga puluh ribu rupiah.

Nah bila anda penggemar berat durian dan sedang berkunjung ke Bogor, tidak ada salahnya anda mampir ke tempat ini. Siapa tahu, itu merupakan pengalaman paling berkesan, makan durian langsung di kebunnya. (Suprie)

Bookmark and Share