HOME | BERITA | INFO UNTUK ANDA | LIVE STREAMING | LOWONGAN
indosiar dot com
FOKUS | PATROLI | RAGAM | GOSSIP | SINOPSIS | RESPOND ONLINE | INDOSIAR PEDULI | CORPORATE INFO
SINOPSIS

THE BURNING SEASON



Keprihatinan Chico berubah menjadi kemarahan sehingga memimpin para rekan sesama penyadap karet mengorganisasikan protes mereka kepada pemerintah Brazil dan para perusahaan pengembang yang lebih memikirkan profit daripada peduli keadaan hutan yang dirambah mereka. Para pengusaha kaya sangat tidak menyukai protes-protes Chico dan kawan-kawannya yang telah menjadi aktivitas lingkungan hidup, karena menganggap mereka dapat mengganggu keuntungan yang akan dinikmati mereka.

Oleh karena itu, para pengusaha yang sangat berkuasa dengan bantuan beberapa elemen pemerintahan yang korup, melakukan usaha pembunuhan terhadap Chico yang dianggap sebagai otak perlawanan terhadap mereka. Akhirnya Chico Mendes mengalami nasib tragis sebagai korban  martir perjuangan para pembela lingkungan hidup di Brazil. Walaupun Chico telah pergi untuk selamanya, perjuangannya tetap menjadi inspirasi bagi para pejuang pembela lingkungan hidup di Brazil dan juga di seluruh dunia.

Raul Julia
Aktor pemeran Chico Mendes adalah aktor kawakan yang bernama Raul Julia. Lahir pada tanggal 9 Maret 1940 dan besar di San Juan, Puerto Rico, aktor yang mempunyai nama lengkap Raul Rafael Carlos Julia y Arcelay ini ketika sedang berpentas di sebuah kelab malam di San Juan, diketemukan oleh aktor Orson Bean. Orson Bean inilah yang menginspirasikan Raul Julia untuk pindah ke Amerika Serikat untuk mengejar karier aktingnya. Setelah pindah ke Manhattan, New York di tahun 1964, Raul cepat menemukan pekerjaan dengan mendapatkan peran-peran kecil di dalam pertunjukan drama teater off-Broadway.

Di tahun 1966, ia mulai dikenal di dunia teater hingga mendapatkan kesuksesan besar dalam berbagai drama teater di samping membintangi beberapam film televisi. Kesuksesan inilah yang membawanya ke dunia film sehingga menjadi aktor yang diperhitungkan. Salah satu peran terbaiknya yakni sebagai tahanan politik dalam film "Kiss of the Spider Woman" (1985). Dia juga tampil sebagai pahlawan maupun penjahat dalam banyak film layar lebar maupun film televisi. Selain itu, Raul juga sangat diingat sebagai pemeran Gomez Addams di film komedi hitam "The Addams Family" (1991) dan sekuelnya "The Addams Family Values" (1993).

Walau kesehatannya sudah menurun sejak tahun 1993 karena mengidap kanker, Raul tetap berakting, memerankan Chico Mendes dalam film televisi "The Burning Season" (1994) dimana ia memenangkan penghargaan Golden Globe dan Emmy Award setelah kematiannya. Pada 16 Oktober 1994, Raul mengalami stroke di apartemennya di New York sehingga menjadi koma, padahal film yang dibintanginya, "Street Fighter" (1994), tinggal dua hari lagi selesai dikerjakan. Akhirnya Raul Julia meninggal dunia dalam usia 54 tahun pada tanggal 24 Oktober 1994 dan jenazahnya diterbangkan ke kota kelahirannya, San Juan, Puerto Rico untuk dimakamkan secara kenegaraan yang diikuti ribuan orang.

Jangan lewatkan film drama menarik "The Burning Season" yang ditayangkan dalam Sinema Malam pada hari Selasa dini hari(17/02), pukul 01.20 WIB di layar kaca Indosiar.


****
Fachri
 

Bookmark and Share